FAKULTAS HUKUM UNIDA MENGGELAR PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH HUKUM

FAKULTAS HUKUM UNIDA  MENGGELAR PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH HUKUM

FAKULTAS HUKUM UNIDA

MENGGELAR PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH HUKUM

 

FAKULTAS HUKUM Universitas Djuanda Bogor menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Hukum yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2016. Hadir sebagai narasumber pertama dalam kegiatan tersebut yaitu Dr. H. Martin Roestamy, SH, MH (Rektor Universitas Djuanda) dengan dengan tema “Penelitian Futuristik”, dan Narasumber kedua yaitu Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. (Wakil Rektor I Universitas Djuanda) dengan tema yang disampaikan “Struktur Artikel Ilmiah Untuk JurnalBereputasi”. Bertindak selaku moderator Hj. Endeh Suhartini, SH, MH., (Dekan Fakultas Hukum UNIDA). Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh seluruh Dosen Fakultas Hukum UNIDA serta jajaran rektorat dan Direktur LPPM UNIDA.

Pada kegiatan tersebut Narasumber Pertama Bapak Dr. Martin Roestamy, SH, MH., dalam paparan makalahnya menyampaikan bahwa penelitian merupakan salah satu kewajiban dosen dan mahasiswa, penelitian merupakan pendorong perkembangan perguruan tinggi, selain itu penelitian juga merupakan jantungnya universitas. Bahwa penelitian yang dilakukan harus futuristik yaitu harus mengikuti perkembangan fenomena hukum dan perkembangan fenomena masyarakat. Adapun indikator penelitian futuristik diantaranya : penelitian harus sesuai dengan program pemerintah, menjawab permasalahan di masyarakat, penerapan UU yang berkaitan dengan topik yang menjadi fokus Dikti, topik yang diangkat harus sesuai dengan bidang atau kemampuan peneliti dalam kesehariannya, memiliki pengalaman atau reputasi yang baik terhadap bidang yang akan diteliti, serta menjunjung tinggi kode etik penelitian.

Sedangkan Narasumber kedua yaitu Bapak Dr. Ir. Dede Kardaya, M. Si., dalam paparann makalahnya menyampaikan bahwa  penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa harus memberikan manfaat bagi orang lain. Oleh karena itu hasil penelitian yang dilakukan harus dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah bermanfaat bagi diri sendiri, bagi lembaga tempat bekerja, bagi negara, dan bagi masyarakat luas.

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait